Sekda Hadiri Vicon Peringatan Hari Disabilitas Dunia Tahun 2023
Cari Berita

Advertisement

Sekda Hadiri Vicon Peringatan Hari Disabilitas Dunia Tahun 2023

Kamis, 14 Desember 2023

Kota Bima, Media Buser Bima - Drs. H. Mukhtar Landa selaku Sekda Kota Bima menghadiri Vicon Peringatan Hari Disabilitas Dunia (HDI) Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Wali Kota. Kamis, 14 Desember 2023.

Didampingi oleh Kasi Kesehatan, tema peringatan Hari Disabilitas Dunia tahun ini adalah Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan dan Mencapai SDGs bagi, dengan dan oleh Orang-orang dengan Kondisi Disabilitas.

Tujuan diperingati Hari Disabilitas Dunia karena adanya keinginan untuk menyalurkan dukungan terhadap penyandang disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa, dan membangun kepedulian guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementrian Koordinator Bidang PMK Prof. Dr. Nunung Nuryanto menyampaikan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22.970.000 jiwa dengan rentang usia 18 Tahun - 45 Tahun.

"Penyandang disabilitas yang ada di Indonesia rata-rata berada di usia produktif, oleh karena itu pentingnya kesadaran kita untuk menyadari kesetaraan hak-hak para penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan," ucapnya.

Beliau juga menyampaikan pemerintah harus terus memperhatikan kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas. Upaya pemerintah dalam memperhatikan penyandang disabilitas juga telah tertuang dalam regulasi UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Di akhir beliau berharap upaya bersama untuk memastikan aksesibilitas fisik dan sosial, serta memberikan dukungan yang cukup bagi penyandang disabilitas.

"Pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor bisnis aktif terlibat harus berupaya bersama untuk menciptakan peluang yang setara bagi penyandang disabilitas," terangnya.

BB 01