Sukses Gelar Rakercab, DPC Media Online Indonesia Sumbawa Akan Beri Warna Baru Dalam Informasi
Cari Berita

Advertisement

Sukses Gelar Rakercab, DPC Media Online Indonesia Sumbawa Akan Beri Warna Baru Dalam Informasi

Minggu, 25 Oktober 2020

Sumbawa,Media Buser Bima -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Sumbawa di bawah pimpinan Feryal Mukmin Pertama sukses menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pertama di NTB.

Rakercab yang bertajuk "Jadi Media Online Cerdas Bersama MOI" tersebut dilaksanakan Sabtu pagi (24/10), di Aula Madilaoe, ADT, Lantai III Kantor Bupati Sumbawa dan dihadiri oleh Pjs. Bupati Sumbawa Zainal Abidin, Ketua Korwil MOI Bali-Nusra Abdul Sukur, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) MOI Nusa Tenggara Barat, Lalu. Fatah Prawira Negara, Sekretaris Korwil MOI Bali Nusra Habib, Bawaslu Sumbawa, KPU, Diskominfo, Ketua PWI serta Ketua DPC MOI Se-NTB.

Dalam kesempatan itu Ketua DPC MOI Sumbawa Feryal Mukmin Pertama mengungkapkan, jika ia optimis MOI akan memberikan warna baru bagi dunia pewarta di Sumbawa. Ia berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dan tetap menjalankan roda organisasi dengan Profesional, Kritis dan Konstruktif. 
Walaupun pada saat ini di tengah pandemi Covid-19 dan anggaran yang terbatas, kata dia, tetapi tidak mengurangi semangatnya dalam melaksanakan Rakercab. Karena ini penting untuk menatap Sumbawa ke depannya. 

“Bagaimana ke depannya kita akan melihat hal-hal positif di Kabupaten ini sehingga kita bisa memberikan warna yang baru dari informasi yang akan diakses publik,” katanya.

Tambah Feryal, di Zaman yang digitalisasi seperti ini tidak dapat dipungkiri infomasi yang diakses masyarakat sangat cepat berkat adanya media sosial dan media lainnya, di sinilah peran media online menjawab keresahan masyarakat di tengah-tengah tebaran hoax. 

“Apalagi saat ini isu Pilkada dan Covid-19 sangat rentan diserang hoax,” katanya.

Sementara, Pjs Bupati Sumbawa, Zainal Abidin dalam sambutannya mengakui bahwa kehadiran media online telah membuat informasi sangat mudah didapatkan. Seolah-olah dunia ini tidak berjarak. 

"Tinggal ambil Hp dan klik maka seribu informasi akan didapatkan." Ucapnya.

Zainal Abidin mengharapkan agar Media Online Indonesia dapat memberikan sarana komunikasi secara positif. Berkomunikasi secara positif, mewartakan secara positif, itulah hal yang penting. 
"Ada dua fungsi jurnalistik, yaitu sebagai pewarta dan semuanya sudah paham kode etik jurnalistik. Yang kedua adalah sebagai ajang promosi. Mempromosikan daerah ini untuk lebih dikenal, itulah yang lebih penting kedepannya pemerintah perlu menjalin kerjasama dengan media," jelasanya

Informasi adalah suatu kebutuhan, maka pewarta memiliki peranan strategis, karena sudah dijelaskan sebelum kita bahwa jika datang padaku suatu berita, maka telitilah berita tersebut jangan langsung disebarkan.

Pjs.Bupati pun menganjurkan agar MOI membuat suatu kerjasama atau semacam MOU dengan Pemkab agar bisa mempromosikan potensi daerah. Sebelum mengakhiri sambutannya, PJs Bupati Sumbawa, Zainal Abidin, membuka secara resmi Rakercab DOC MOI Sumbawa


Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW MOI NTB, Lalu. Fatah Prawira Negara mengatakan bahwa Rakercab yang dilakukan oleh DPC MOI Sumbawa adalah yang pertama di NTB di tingkat cabang. Sementara Rakerwil telah dilaksanakan dua bulan yang lalu. 

"Untuk itu saya mengharapkan agar teman-teman di tingkat DPC segera melakukan Rakercab di tingkat cabang untuk mengetahui program kerja kecdepan. Rakercab ini dimaksudkan agar program kerja kedepan terukur bukan hanya cuap-cuap," pungkasnya.

MOI adalah perkumpulan owner pemilik media online, bukan berbicara jurnalisnya. MOI sendiri hadir untuk menata tugas dan fungsi, menata legalitasnya agar tidak liar karena sebagai bahan pertimbangan bahwa media online sudah memiliki bergaining dan nilai tawar.

"Media harus hadir sesuai fungsinya, bukan hanya ajang untuk meminta-minta. Kita akan mencoba menata secara fundamental," imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, bahwa MOI hadir bukanlah tandingan dari organisasi pengusaha media yang sudah ada sebelumnya. Kehadiran MOI intinya untuk membantu rekan-rekan owner media diperhatikan oleh pemerintah.

Ia juga mengungkapkan bahwa MOI selalu mengapresiasi kehadiran media-media baru dan akan memberikan subsidi legalisasi berbadan hukum kepada media yang bergabung dengan MOI yang masih belum memiliki badan hukum.

Ketua DPW MOI NTB, Lalu. Fatah Prawira Negara pada kesempatan itu memberikan apresiasi pada DPC MOI Sumbawa yang telah melaksanakan Rakercab Pertamanya.

Dalam Rakercab ini, peserta juga akan mengikuti talk show yang bertemakan "Peran Media Dalam Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19".

Pemateri dalam talk Show tersebut adalah Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han). Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK. dan Kepala Dinas Kominfo Sumbawa.


Bang Buser BB 01